RUMUS VlOOKUP DASAR

Rumus excel VLOOKUP merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mengambil suatu nilai dari tabel lain berdasarakan kata kunci tertentu. Fungsi atau Rumus Excel VLOOKUP adalah salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada tabel data tersebut. Sebenarnya huruf 

"V" Pada Vlookup sendiri yang berarti vertical Istilah vertikal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal.

Sebenarnya Fungsi VlookUp sendiri memiliki 4 argument yakni:

NilaiYangDiCari : Merupakan nilai yang akan kita cari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan dari TabelReferensi. Argument ini dapat berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu baik ditulis langsung maupun sebuah referensi sel. Bisa juga berupa nilai yang dihasilkan oleh rumus excel lainnya.

TabelReferensi : Sebuah tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih, dimana NilaiYangDicari berada pada kolom pertama tabel data ini.

NomorKolom : Merupakan Nomor kolom dari argumen TabelReferensi yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi NilaiYangDicari pada kolom pertama.

RangeLookup : Diisi dengan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika True/false ini menujukkan tipe pencarian. Nilai logika pada rumus Vlookup digunakan sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau cukup menemukan nilai mendekati.

1. TRUE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis atau mendekati. Jika Nilai yang sama persis tidak ditemukan maka nilai terbesar berikutnya yang kurang dari NilaiYangDiCari yang akan dihasilkan.

2. FALSE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis saja. Jika tidak ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!

Sumber: Klik Disini - Kelas Excel)

Setelah belajar mengenai pengertian dan fungsi dari Rumus Vlookup, Sekarang kita belajar mengenai penerapan rumus Vlookup dengan menggunakan contoh yang ada


1. Belajar Mencari Data Menggunakan Vlookup Sederhana

Dalam contoh kali ini, kita akan mencoba rumus Vlookup dengan menerapkan semi otomatis atau sistem kecil-kecilan, dimana jika kita mengisi dengan kode tertentu, nanti akan muncul sesuai data yang tertera sebelumnya/secara otomatis.

a. Siapkan data yang ingin digunakan



b. Kita akan mencari data Jenis Baju, Harga dan Size dengan hanya memasukkan kode pemesanan

    Kita masukkan rumus Vlookup yang pertama masukkan rumus Vlookup pada colom jenis baju  lalu      block colom Kode pemesanan untuk meletakkan kode tersebut. Misal kita akan mencari Kode                Pemesanan dengan kode 916.


c. Setelah memblock sebaiknya sisipkan tanda $ pada setelah colom agar nantinya bisa di-drag kebawah     dengan cara menekan FN+F4 agar muncul seperti $G$4. Lalu beri tanda (;) pada rumus tersebut lalu     lakukan block pada data yang tersedia dan jangan lupa diberi tanda $.



d. Setelah seperti gambar diatas lalu kita akan menentukan data apa yang kita akan ambil di contoh            kasus yaitu Jenis Baju, sedangkan Jenis Baju ada di colum B dimana tersebut colum urutan ke-2 jadi     kita masukkan angka 2 pada rumus, Jika yang di cari size kita masukkan angka 3 karena size ada di        colum c.



e. Setelah itu kita masukkan angka 0 atau FALSE yang dimana artinya kita sudah menyiapkan data            sebelumnya untuk diterapkan.


f. Hasil yang didapat



g. Gimana untuk yang Harga dan Size? Sebenarnya sama saja cuma yang diganti hanya bagian angka 2     atau tahap D yang tadinya angka 2, Jika ingin mencari Harga diganti dengan angka 4 karena harga        ada di colum D. Sedangkan jika ingin mencari  size hanya diganti dengan angka 3 karena terdapat di     colum C



H. Penerapannya jika kita memasukkan kode pemesanan lain pada colum kode pemesanan, semua yang      terdapat pada bawahnya akan otamatis terganti semua hanya dengan memasukkan kode pemesanan        yang berbeda disini akan mencontohkan penerapannya jika diganti kode pemesanannya




2. Belajar Menggabungkan 2 Tabel Dengan Penerapan VLOOKUP

a. Siapkan data yang ingin digunakan 




b. Kita akan mencari nama Pembeli beserta wilayahnya dengan rumus Vlookup. Yang pertama                    dimasukkan yaitu rumus Vlookup lalu block colum yang terdapat kode pemesanan, dan jangan lupa        masukkan tanda "$" dengan menekan FN+F4



c. Setelah itu kita block data yang akan dicari datanya dengan memblock semua colum data dan jangan     lupa masukkan  tanda "$"




d. Lalu selanjutnya kita lakukan yaitu menambahkan letak data yang akan kita cari, Karena kita akan        mencari Nama Pembeli maka kita akan menambahkan angka 2, karena colum nama pembeli terdapat     pada colum B makan colum B sama dengan colum 2


e. Setelah itu kita masukkan angka 0 atau FALSE yang dimana artinya kita sudah menyiapkan data            sebelumnya untuk diterapkan.

f. Hasil yang didapatkan


g. Untuk mencari wilayah sebenarnya sama saja dengan mencari nama pembeli, cuma hanya beda            ditahap D atau ditahap memasukkan letak colum data, sebelumnya ketika mencari nama pembeli            menggunakan angka 2. Tetapi untuk mencari wilayah kita menggunakan angka 4 karena untuk                wilayah sendiri berada di colum D, Seperti ini rumusnya



h. Dan ini hasilnya 


i. Ketika ingin semua data langsung tersedia hanya tinggal klik 2 kali dibagian kanan bawah colum
   atau di drag. Tetapi untuk rumus bagian depan dihilangkan tanda $



3. Belajar Menggunakan Vlookup Untuk Mencari Kelompok

a. Siapkan data yang ingin digunakan


b. Lalu selanjutnya kita akan mencari berapa Nilai Pembukuan yang diterima dari data yang dibuat            dengan menggunakan rumus Vlookup sendiri. Pertama masukkan rumus Vlookup lalu block colum        skor kebersihan. Mengapa kita memblock data skor kebersihan, karena didata terdapat kriteria Skor        Kebersihan dan Nilai Pembukuan yang didapat. Jadi seperti ini rumusnya jangan lupakan tanda $



c. Lalu kita akan memblock data sebelahnya yaitu mengenai Skor Kebersihan dan Nilai Pembukuan.        Jadi kita akan mendapatkan Nilai Pembukuan dari data yang berada disebelah tersebut. Rumusnya        jadi seperti ini dan jangan lupa tanda $


d. Lalu kita masukkan angka 2, Mengapa? Karena di data Nilai Pembukuan berada di colum ke-2 dari        data yang di buat, Tetapi B juga colum ke-2, Lalu bagaimana? Ketika kita memasukkan ke rumus dan     yang kedua kita memblock colum data/data refrensi yang terdapat data yang ingin dicari maka ketika     menuliskan colum 2 maka akan langsung yang digunakan colum ke 2 dari data yang diambil bukan        data yang tidak di block di columnya



e. Kita memasukkan angka 1 yang berarti TRUE dimana Vlookup akan menemukan Nilai yang dicari        pada tabel refrensi pencarian yang sama persis atau mendekati. Karena data sudah tersedia maka kita     menggunakan TRUE atau angka 1
f. Hasil yang didapatkan





Nah itu dia Rumus Vlookup dasar yang kita pelajari kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam pencapaian materi yang dibuat kali ini. Selamat Mencoba & Semoga Sukses!! Saya Muhamad Afdhu, Terima Kasih.


Link File Tugas Muhamad Afdhu XII TEL 1:


Penulis: Muhamad Afdhu XII TEL 1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus HlookUP dan VlookUp pada Excel