Mengenal Pivot Table Dasar

 A. Mengenai Pivot Table

        Pivot Table merupakan fitur Microsoft Excel yang paling powerful memungkinkan pengguna mengambil informasi dengan cepat dari kumpulan data dalam jumlah besar. Pivot Table dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis data terkait mengelompokkan dan meringkas data. Dengan menggunakan Pivot Table, pengguna dapat menghemat waktu secara signifikan.

Berikut beberapa manfaat rancangan pivot table adalah:

1. Untuk menampilkan data query dalam jumlah besar dengan beragam cara yang mudah digunakan oleh pengguna.

2. Untuk melakukan subtotal dan agregat data numerik, meringkas data menurut kategori dan subkategori, hingga membuat perhitungan dan rumus yang disesuaikan

3. Untuk memindahkan baris ke kolom atau kolom ke baris untuk melihat ringkasan yang berbeda dari sumber data

4. Untuk menyaring, mengurutkan, mengelompokkan dan memformat secara bersyarat subset data yang paling berguna dan menarik sehingga bisa membantu kamu untuk lebih fokus pada hanya informasi yang diinginkan.

5. Untuk menyajikan laporan yang ringkas dan menarik

6. Untuk membantu memfokuskan hasil dan menelusuri detail dari ringkasan data di area yang dicari.

7. Untuk membuat visualisasi data dengan pivot chart

 

Pivot Table sendiri memiliki beberapa fungsi antara lain:

1. Membuat penyajian data dengan beberapa tampilan yang berbeda dari sumber yang sama

2. Melakukan pemindahan field pada beberapa kolom yang berbeda

3. Menentukan field yang akan ditampilkan dalam proses ringkasan data dan penyajian laporan

4. Kalkulasi dan pengumpulan beberapa field data numerik dengan banyak cara

5. Melakukan filtrasi untuk menampilkan nilai data yang akan disajikan

6. Membuat variasi bentuk laporan dari satu pivot table yang sama

7. Menyajikan pivot chart dari sebuah pivot table yang sudah ada

 

Setelah kita mengetahui apa itu Pivot Table, Manfaatnya, dan Fungsinya. Mari kita sekarang membuat contoh dari pivot table itu sendiri.

 B. Cara Membuat Pivot Table

        1. Siapkan Data yang ingin dibuat Pivot Table



2.  Lalu, Select all tabel yang berisi sumber data




3. Selanjutnya, pergi ke menu insert lalu cari Pivot Table lalu klik.  



4. Lalu, akan muncul tampilan seperti ini Pilihlah data yang akan dikelompokkan  dengan pivot table. Ada 2 pilihan :   -  Select table or range = mengambil dari data sheet yang sudah
                         - Use an external data source= mengambil data dari sumber



5.  Pilih kembali dimana Pivot Table akan di letakkan. Ada 2 pilihan:
         - New worksheet = Membuat pivot table di worksheet baru
         - New existing worksheet = Memilih lokasi pivot table pada sheet yang sudah ada
*CatatanJika memilih New Existing Worksheet kita bisa meng-klik sell yang ingin kita letakkan Table Pivot

*



6. Klik Ok, lalu akan muncul tampilan seperti ini


   

      *Keterangan Gambar pada Pivot Table

      ROWS = adalah area baris (vertical)

      COLUMNS = adalah area kolom (horizontal)

      VALUES = adalah hasil data yang ingin kamu lihat

      FILTERS = adalah hasil data yang ingin kamu lihat dengan filter


7. Kita bisa memindahkan data yang ingin kita filter, data yang ingin kita letakkan di columns, data yang ingin diletakkan di Values, dan data yang ingin di letakkan di rows. Dengan cara menyeret data ke bagian yang ingin kita letakkan data tersebut.




8. Kita juga bisa memfilter apa yang dinginkan dengan cara, Contoh hanya bulan januari saja yang diinginkan kita bisa memfilternya di Pivot Table ini





9. Hasil data yang sudah di filter dari data Pivot Table sebelumnya




10. Kita bisa mengatur ulang Pivot Table yang kita buat dengan cara mengulangi apa yang ingin kita letakkan di, values, filter, columns, dan rows



C. Penutup
        Dizaman sekarang Microsoft Excel sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat, salah satu yang dibutuhkan yaitu Table Pivot. Dengan adanya Table Pivot mempermudah pekerjaan dari mulai menggabungkan data-data yang ribuan hingga jutaan data ke dalam satu data. Table Pivot ini juga membantu bagi para pengusaha yang ingin menghitung data-data di setiap sektornya. Disini kita bisa belajar mengenai dasar Table Pivot. Kita belajar bersama jika ada yang salah mohon dimaklumi. Saya Muhamad Afdhu, Sekian Terimakasih.

Di bawah ini adalah Link File Excel yang terdapat diatas, atas nama Muhamad Afdhu:



Nama: Muhamad Afdhu
Kelas: XII TEL 1
Membuat Artikel Mengenai Pivot Table

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus HlookUP dan VlookUp pada Excel