Mengenal Pivot Table Dasar
A. Mengenai Pivot Table
Pivot Table merupakan fitur Microsoft Excel yang paling powerful memungkinkan pengguna mengambil informasi dengan cepat dari kumpulan data dalam jumlah besar. Pivot Table dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis data terkait mengelompokkan dan meringkas data. Dengan menggunakan Pivot Table, pengguna dapat menghemat waktu secara signifikan.
Berikut beberapa manfaat rancangan pivot table adalah:
1. Untuk menampilkan data query dalam jumlah besar dengan beragam cara yang mudah digunakan oleh pengguna.
2. Untuk melakukan subtotal dan agregat data numerik, meringkas data menurut kategori dan subkategori, hingga membuat perhitungan dan rumus yang disesuaikan
3. Untuk memindahkan baris ke kolom atau kolom ke baris untuk melihat ringkasan yang berbeda dari sumber data
4. Untuk menyaring, mengurutkan, mengelompokkan dan memformat secara bersyarat subset data yang paling berguna dan menarik sehingga bisa membantu kamu untuk lebih fokus pada hanya informasi yang diinginkan.
5. Untuk menyajikan laporan yang ringkas dan menarik
6. Untuk membantu memfokuskan hasil dan menelusuri detail dari ringkasan data di area yang dicari.
7. Untuk membuat visualisasi data dengan pivot chart
Pivot Table sendiri memiliki beberapa fungsi antara lain:
1. Membuat penyajian data dengan beberapa tampilan yang berbeda dari sumber yang sama
2. Melakukan pemindahan field pada beberapa kolom yang berbeda
3. Menentukan field yang akan ditampilkan dalam proses ringkasan data dan penyajian laporan
4. Kalkulasi dan pengumpulan beberapa field data numerik dengan banyak cara
5. Melakukan filtrasi untuk menampilkan nilai data yang akan disajikan
6. Membuat variasi bentuk laporan dari satu pivot table yang sama
7. Menyajikan pivot chart dari sebuah pivot table yang sudah ada
Setelah kita mengetahui apa itu Pivot Table, Manfaatnya, dan Fungsinya. Mari kita sekarang membuat contoh dari pivot table itu sendiri.
B. Cara Membuat Pivot Table
1. Siapkan Data yang ingin dibuat Pivot Table
*Keterangan Gambar pada Pivot Table
ROWS = adalah area baris
(vertical)
COLUMNS = adalah area
kolom (horizontal)
VALUES = adalah hasil
data yang ingin kamu lihat
FILTERS = adalah hasil
data yang ingin kamu lihat dengan filter
7. Kita bisa memindahkan data yang ingin kita filter, data yang ingin kita letakkan di columns, data yang ingin diletakkan di Values, dan data yang ingin di letakkan di rows. Dengan cara menyeret data ke bagian yang ingin kita letakkan data tersebut.
C. Penutup
Komentar
Posting Komentar